ADAB DAN AMALAN MEMASUKI BULAN RAMADHAN

Marhaban Ya Ramadhan!

13 hari lagi kita akan memasuki bulan penuh berkah yaitu bulan suci Ramadhan, sebelum kita masuk pada bulan suci nan penuh ampunan tersebut marilah kita sejenak belajar bersama adab-adab serta amalan-amalan yang perlu dilakukan pada saat bulan Ramadhan.

para pembaca yang Budiman.....

ada beberapa adab serta amalan yang perlu dilakukan pada saat bulan Ramadhan yaitu sebagai berikut :

1. Melihat Hilal dan membaca Doa

ketika Rasulullah saw, melihat Hilal Ramadhan, Beliau menghadapkan wajahnya ke arah kiblat sambil membacadoa:

     “ Ya Allah! Berilah daku keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalan dari penyakit dan kekuatan untuk menunaikan sholat, puasa, menghidupkan  malamnya dan membaca Al Quran. Ya Allah! Berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan.  Terimalah seluruh ibadah puasaku dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadha, sehingga apabila Ramadhan berlalu dariku, Engkau telah memaafkan dan mengampuni dosa-dosaku.”

“ Segala pujian dan sanjungan untuk Allah semata, yang telah menciptakan daku dan engkau, dan telah menetapkan kedudukanmu serta telah menjadikanmu (bulan Ramadhan) sebagai saat bagi manusia (untuk beramal). Ya Allah, anugerahkanlah padaku suatu anugerah yang diberkati. Ya Allah, curahkanlah padaku keselamatan, kesejahteraan, keyakinan, keimanan, kebajikan, ketaqwaan, pertolongan, dan keberhasilan mendapatkan apa-apa yang Kau cintai dan ridhoi.”

2. Membaca do’a menyambut bulan Ramadhan

Ketika memasuki malam pertama Ramadhan, Rasulullah saw, membaca do’a:

“ Ya Allah, sesungguhnya bulan Ramadhan telah tiba. Wahai Tuhan Pemilik Bulan Ramadhan. Engkau telah menurunkan Al Qur’an di dalamnya, dan telah menjadikannya sebagai pemjelas atas petunjuk dan pembeda anara yang haq dan bathil. Wahai Tuhan kami, berkatilah kami  di dalamnya dan bantulah kami dalammenunaikan puasa serta sholat  di dalamnya. Terimalah amal-amal kami di dalamnya.”

3. Membaca do’a selesai sholat fardhu

Dalam kitab Balad al Amin dijelaskan, bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa membaca do’a berikut pada bulan Ramadhan setiap selesai sholat fardhu, niscaya Allah memaafkan seluruh dosanya hingga hari kiamat.”

“ Ya Allah. Anugerahkanlah kebahagiaan kepada para penghuni kubur. Ya Allah, berikanlah kekayaan kepada semua orang fakir. Ya Allah, kenyangkanlah semua yang lapar. Ya Allah, 

berikanlah pakaian kepada semua yang telanjang. Ya Allah, tunaikanlah hutang  semua orang yang berhutang. Ya Allah, lapangkanlah yang kesusahan. Ya Allah, dekatkanlah setiap yang jauh. Ya Allah, bebaskanlah semua yang tertawan. Ya Allah, perbaikilah semua kerusakan dalam urusan kaum muslimin. Ya Allah, sembuhkanlah setiap yang sakit. Ya Allah, tutupilah kemiskinan kami dengan kekayaan-Mu. Ya Allah, ubahlah keburukan keadaan kami dengan kebaikan keadaan-Mu. Ya Allah, tunaikanlah utang-utang kami dan bebaskanlah kami dari kemiskinan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

4. Membaca do’a-do’a malam Ramadhan

5. Membaca Al-Qur’an

6. Disunnahkan mandi pada setiap malam Ramadhan, khususnya di Akhir malamnya.

7. Berbuka dengan makanan yang halal.

8. Sunah mendahulukan Sholat Magrib sebelum berbuka puasa. Kecuali apabila terdapat orang yang menunggu (untk makan bersama)

9. Membaca do’a al-Ma’tsur ketika berbuka.

10. Memberi makan untuk orang yang berbuka kepada orang yang puasa.

11. Mengeluarkan shodaqah kepada orang miskin ketika berbuka puasa.

12. Memperbanyak membaca Al Qur’an.

13. Melakukan Sholat Sunat dua rakaat.

14. Melakukan Sholat Sunat 1000 rakaat selama bulan Ramadhan.

15. Membaca do’a pengampunan pada setiap malam Ramadhan.

16. Membaca do’a Iftitah pada setiap malam Ramadhan.

17. Membaca do’a:

“ Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu pada ketetapan yang Engkau tentukan dan putuskan secara bijak sebagai ketetapan yang tidak dapat di ubah dan diganti oleh siapapun, agar Engkau catatkan daku termasuk orang yang berkesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah Al-Haram beserta orang-orang yang  mabrur hajinya, diterima sai’nya, diampuni dosa-dosanya serta dihapus segala kesalahannya. Demikian pula, jadikanlah pada ketentuan dan ketetetapan-Mu, supaya Engkau panjangkan usiaku dalam kebaikan dan kesehatan dan Engkau luaskan rizqiku. Demikian pula, jadikanlah daku tergolong orang-orang yang membela agama-Mu dan janganlah Engkau jadikan daku sebaliknya.” ( Imam Ja’far al-Shodiq as ).

sumber: berbagai sumber



Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar