Samsung Galaxy Beam 18530

ZTE


Desain
Inilah salah satu seri smartphone dari keluarga Galaxy yang tampil beda. Galaxy Beam dilihat sekilas dari desainnya, tak ubahnya smartphone reguler yang sering kita lihat di pasaran, tapi sejatinya Galaxy Beam punya kemampuan unik dengan memiliki built in proyektor. Lensa proyektor disematkan pada sisi atas, menjadikan pancaran sinar proyektor dapat dengan mudah dikendalikan. 

Secara keseluruhan, Galaxy Beam memiliki dimensi 124 x 64,2 x 12,5 mm dengan berat 145,3 gram. Dari tampak depan, layar smartphone ini mengusung layar LCD capacitive berkedalaman 16 juta warna. Resolusi layar adalah 480x800pixels dengan luas dimensi layar 4 inchi. Galaxy Beam sudah mengusung desain unibody, artinya baterai menyatu dan tidak bisa dilepas-lepas. 

Untuk mengetahui instrumennya, pada sisi kiri body terdapat audio port 3,5 mm, lalu berturut-turut dibawahnya ada tombol pengatur volume, dan kemudian ada slot SIM card.  Sedangkan pada sisi kanan body, tersemat tombol aktivasi fitur proyektor, kemudian dibawahnya ada tombol pengunci layar – juga berperan sebagai tombol on/off, dan pada posisi paling bawah ada slot MicroSD. Melihat tampilan Galaxy Beam cukup unik, pasalnya pada sekujur sisi body ada balutan list warna kuning, seolah mengisyaratkan kesan sporty, padahal peran smartphone ini lebih dominan untuk peran office. Agar terkesan mantap dalam genggaman, casing bagian belakang dibalut material plastik berkontur pixels, jadi cukup kesat. 

Catatan
Lensa kamera proyektor berukuran lebar 15 mm.
 

Fitur
Built in proyektor memang menjadikan Galaxy Beam begitu fenomenal, dari hasil uji coba, kualitas proyektor yang ditempatkan dalam aplikasi DLP Proyektor memang cukup mengesankan. Aplikasi proyektor ini dilengkapi pengaturan quick pad, visual presenter, dan ambience mode. Kelengkapan pengaturan yang ada membuat, proyektor Galaxy Beam cukup berkelas. Dari pengujian, visual cukup terang dan jernih (pada ruang gelap), juga tentu Anda harus mengatur jarak antara bidang dinding dan posisi smartphone, jarak yang ideal adalah sekitar 3-4 meter. 

Lensa proyektor dapat ditambahkan perannya sebagai lampu senter, bahkan pilihan warna bisa di setting mulai dari putih, merah, biru, dan hijau.  Hebatnya lagi pendaran lampu sentar dapat disesuaikan kecepatan ritmenya, ibarat mengirim kode morse. 

Untuk imaging, kamera utamanya memiliki resolusi 5 Mpix (2592x1944 pixels) dan tersedia kamera sekunder dengan resolusi 1,3 Mpix pada sisi depan. Kamera utama dibekali fasilitas flash light, auto focus, night mode, zoom, white balancing, contrast, macro mode, brightness, efek, timer, ISO, dan foto editor. Untuk rekam video, resolusi maksimumnya 720p yang dapat memutar format MP4/DivX/WMV/H.264/H.263. 

Punya kodrat sebagai gadget untuk presentasi, sudah barang tentu dukungan aplikasi office mutlak hadir, dan Galaxy Beam memang telah dilengkapi Polaris Office full version, Anda bisa mulai mengedit dan membuat dokumen baru. Bicara hiburan pun tak sepi, pemutar musiknya cukup memadai dengan fitur equalizer, shuffle, dan playlist. Pancaran suara pun cukup jernih dengan efek stereo. Ditambah lagi ada FM radio yang dapat menyimpan 30 channel list. 

Guna selancar di dunia maya, Galaxy Beam dibekali koneksi internet hingga level HSDPA dan HSUPA. Lain dari itu, tersedia  koneksi WiFi dengan standar b/g/n dengan kemampuan DLNA dan WiFi tethering. 

Catatan
Versi Galaxy Beam yang kami coba masih berjalan di OS Android 2.3.6 (Gingerbread). 
 
Kinerja
Adanya fitur proyektor seolah dapat menghadirkan pesona bioskop di dalam rumah, tidak hanya untuk urusan presentasi yang terkait kantor, proyektor juga terbilang apik dalam memutar file-file video. Ditambah dimensi Galaxy Beam terbilang ramping untuk kelas smartphone berproyektor. Kinerja Galaxy Beam didukung oleh prosesor Dual-core 1 GHz Cortex-A9 dan chipset NovaThor U8500. Dari hasil uji, smartphone ini nampak sangat memuaskan, body-nya juga jauh dari kesan bongsor, pengoperasian dan navigasi untuk proyektor juga sangat mudah. 

Samsung Galaxy Beam ditenagai baterai Lithium ion dengan kapasitas 2000 mAh. Waktu siaga yang dapat dicapai adalah 760 jam, dan waktu bicara hingga 9 jam. Tapi bila Anda aktifkan fitur proyektor terus-menerus, konsumsi baterai akan terlihat cukup boros. 


Baca Yang ini Juga Ya....

1 komentar: