KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

CatatanKu - Ramadhan sebagaimana yang tersebut dalam (QS. al-Baqarah (2): 185) adalah nama salah satu bulan (bulan kesembilan) didalam perhitungan Qamariyyah. kata Ramadhan merupakan bentuk mashdar dari kata kerja ramida yang berarti "membakar". "terik" atau "sangat panas". Dinamakan Ramadhan karena ketika penamaan dilakukan, udara saat itu di Jazirah Arab sangat panas

ada yang menganggap akar kata Ramadhan berarti "mengasah" karena masyarakat Jahiliyah pada bulan tersebut mengasah alat-alat perang mereka untuk menghadapi peperangan dibulan berikutnya. Nama Ramadhan untuk bulan kesembilan (9) tetap dipahami sebagai mengasah, 

antara lain dengan arti mengasah Jiwa" untuk berpuasa dan amalan kebajikan lainnya. (Ensiklopedia al-Qur'an, editor: M. Quraish Shihab, Lentera Hati Jakarta) 

Ramadhan juga mempunyai nama lain, yaitu:

  1. Syahrul Quran, yaitu bulan diturunkannya al-Quran.

  1. Syahrush-Siyam, yaitu bulan pelaksanaan puasa wajib

  1. Syahrush-Sabr, yaitu bulan kesabaran karena bulan puasa melatih seseorang untuk bersikap sabar

  1. Sayyidus-Syuhur, penghulunya bulan-bulan (qamariyah yang lainnya)

  1. Syahru Muwasah, yaitu bulan pertolongan

Bulan Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang tercantum di Dalam Al-Qur'an, sebagaimana disebut dalam QS al-Baqarah (2):185 dan juga disebut sebagai sayyidus Syuhur atau "pemimpinnya bulan dalam setahun, sebagaimana sabda Nabi:

"dari Abi Ishaq, dari Abi Ubaidah berkata: Rasulullah bersabda: "Sayyidus Syuhur adalah bulan Ramadhan dan sayyidul ayyum adalah hari jumat." (Mu'jam Kabir At-tahabrani, As Syu'ab, al-Iman lil Baihaqi"

demikian atikel tentang bulan ramadhan mudah-mudahan bermanfaat......



Baca Yang ini Juga Ya....

1 komentar: