MENAPAK RAMADHAN MERAIH KELUARGA INSAN

CatatanKu - Menyelami bulan Ramadhan, adalah menyelami lautan hikmah yang begitu luas, dalam dan nikmat, kita bukan hanya mendapatkan kesehatan jasmani, penguatan iman serta kejernihan visi tentang hidup. tetapi kita juga mendapat meraih kembali nilai-nilai keluarga yang amat banyak selama menyelami bulan penuh rahmat itu, tak berlebihan bila dikatakan bahwa, bulan ramadhan adalah bulan pengokohan kembali sendi-sendi keluarga. betapa tidak! karena boleh jadi selama 11 bulan yang lalu, begitu banyaknya nilai-nilai keluarga yang sama sekali kurang atau bahkan terlupakan oleh kita. ambil contoh soal makan bersama satu meja. mungkin sebagian ayah yang sibuk di kantor hampir melupakan tradisi itu.

padahal banyak sekali manfaat kita makan bersama satu meja bersama seluruh anggota keluarga, setidaknya disamping sebagai media komunikasi, makan bersama dapat menjadi media menghidupkan sekaligus memperkokoh tali ikatan keluarga. sungguh nyaman makan bersama diwaktu tengah malam (sahur), dari aktivitas ini saja sudah tercipta "ta'awun alal birri" bertolong-tolongan dalam kebaikan, didalam keluarga ayah yang bangun lebih dulu, membangungkan ibu untuk menyiapkan makan sahur.

kemudian ketika ibu menyiapkan hidangan sahur, ayah membangungkan anak-anak, anak-anak yang sudah besar bisa mambantu ibu, entah itu mencuci piring, gelas yang kotor, memasak air atau menyiapkan minuman manis sekaligus merapikan meja.

jika hidangan sahur sudah tersaji bersama keluarga kita menikmati makan sahur, dduuuhhh nikmatnya bersama kembali satu meja dengan keluarga. aktivitas yang mungkin sudah lama kita lupakan lantaran kesibukan kita,

usai makan sahur, jika masih ada waktu yang tersisa  masih bisa kita manfaatkan untuk santai sejenak bersama keluarga sambil menunggu waktu imsak/adzan subuh, kita bisa berkumpul dengan anak-anak. menanyakan soal pelajaran mereka atau hal-hal yang lain, setidaknya waktu yang pendek itu bisa kita manfaatkan untuk berkomunikasi dan saling berbagi pengalaman indah sedih atau lucu.

kenyamanan itu bertambah tatkala adzan subuh berkumandang, lalu kita berbenah dan mengingatkan anak-anak untuk bersama-sama berangkat ke masjid, dalam dingin subuh dibawah langit malam yang cerah berbintang, kita bersama anak-anak menyusuri jalan melangkah menuju masjid, pasti aktivitas demikian ini tak mungkin bisa terjadi pada momen selain ramadhan, Ya ramadhan memang bulan yang sangat diberkahi Allah Azza wa Jakka.

sehingga ia memberi spirit yang luar biasa, yang manjadikan kita begitu bersemangat beribadah bersama keluarga, dan anak-anak pun tetap bersemangat melakukan aktivitas-aktivitas ibadah yang tak perlu dilakukannya di bulan-bulan lain. tak berlebihan bila kita katakan ramadhan adalah bulan keluarga bulan dimana kita dapat mengajak seluruh anggota keluarga menjadi hamba-hambanya yang bersyukur.

kita bisa mengokohkan kembali hubungan antar sesama anggota keluarga lewat berbagai aktivitas ibadah ramadhan entah itu aktivitas shalat, tadarrus, mengkaji alkur'an menghafal, sahur berbuka puasa, silahturahmi keluarga, dan sebagainya.

aktivitas shalat tarwih misalnya, kita bisa memilih melaksanakannya di rumah, jika itu merupakan pilihan yang baik untuk lebih mengharmonikan hubungan antar sesama anggota keluarga.

demikian semoga bermanfaat untuk sobat semua,,,,,,



Baca Yang ini Juga Ya....

1 komentar: