HAKIKAT CINTA

CatatanKu - Cinta adalah sebuah kata dengan beribu makna. tidak ada orang yang tidak mengenal dengan kata cinta, bahkan sejak awal kehidupan manusia, kisah cinta sudah mulai dituliskan. Cinta menghiasi seluruh kehidupan manusia. Lebih-lebih dikalangan remaja kata cinta seolah menjadi sebuah kata pamungkas untuk mengungkapkan semua perasaan yang terhadap terhadap pasangannya. Dia akan berbahagia karena cinta, sedih karena cinta, bahkan rela sengsara demi cinta.

Dalam kisah hidup anak manusia, banyak orang yang mendapatkan kehormatan dan kemuliaan karena cinta. Namun, sebaliknya banyak pula orang yang tersungkur dalam lembah kehinaan gara-gara cinta. Cinta menjadikan orang rela mengerbonkan segalanya, bahkan jiwa raganya. seorang perempuan rela menyerahkan kehormatan dirinya karena cinta. dan, banyak lelaki yang rela mengorbankan keutuhan rumah tangganya juga karena cinta. begitulah dahsyatnya cinta.

Makna Cinta."

Cinta menurut bahasa berarti suka sekali, sayang sekali, atau rasa terpikat dalam pengertian luas maupun khusus (terhadap lawan jenis). Dari berbagai konsep yang ada, Islam menawarkan pengertian yang berbeda tentang cinta. Islam membahas tentang cinta karena islam adalah agama fitrah yang berjalan sesuai dengan kecendrungan alami manusia.

Cinta adalah sebuah fitrah didalam kehidupan manusia, oleh karena itu manusia yang masih dalam keadaan fitrah pasti memiliki cinta, Cinta adalah karunia Allah swt untuk setiap manusia.

Jadi wajarlah jika manusia memiliki kecintaan terhadap manusia lain yang berlainan jenis. Bahkan, adalah hal yang wajar pula jika manusia memiliki kecintaan terhadap ciptaan Allah swt yang lainnya. Akan tetapi segala sesuatu pasti memiliki kadarnya. Kadar kecintaan seseorang atas apa yang dicintai harus disesuaikan dengan nilai yang dicintainya. Makin besar nilai yang dicintai seharusnyalah ia mencintainya lebih dari yang lainnya.

Cinta pada mulanya adalah senda gurau, tapi pada akhirnya adalah keseriusan. Cinta memiliki makna yang sangat lembut sehingga sulit untuk disifati, Cita bukanlah sebuah kemungkaran dalam beragama, cinta juga tidak dilarang oleh syariat karena hati itu ada pada kuasa Allah.

Bentuk-bentuk Cinta."

Pada dasarnya cinta adalah anugerah dari yang maha kuasa, Tuhanlah yang menanamkan rasa cinta kedalam hati manusia. bentuk cinta kepada Allah swt adalah berupa ketaatan pada segala perintah dan menjauhi segala larangannya, sedangkan cinta kepada Rasulullah saw adalah kemauan untuk mengikuti sunnah-sunnahnya, memperbanyak membaca shalawat atasnya, dan menjauhi segala hal yang melanggar sunnahnya.

Bentuk cinta yang lain adalah cinta kepada sesama manusia. cinta yang demikian ini juga adalah anugerah dari Allah yang maha esa. Tanpa didasari cinta tidak mungkin terjadi hubungan yang baik antar sesama manusia, salah satunya adalah cinta dengan dasar kasih sayang dan menghormati yaitu, cinta kamu kepada orang tua dalam pengertian yang luas. yang dimaksud dengan orang tua adalah orang yang menjadi sarana bagi keberadaanmu di dunia ini, yaitu ibu dan bapak. Termasuk pula dalam kategori orang tua adalah mertua , bapak-ibu guru dan ustaz=ustazah.

Mencintai Lawan Jenis."

Lalu bagaimana dengan cinta kepada lawan jenis? nggak perlu khawatir ...... Islam tidak pernah melarang kamu mencintai lawan jenis, hanya saja ada batasan-batasan yang perlu kamu ketahui, menurut Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah menyatakan bahwa kecintaan pada lawan jenis (pria dan wanita) itu ada tiga macam.

- Pertama, cinta yang bernilai Ibadah. yaitu kecintaan seorang suami terhadap istrinya. Cinta ini bernilai ibadah karena sudah berada pada tempat yang disyariatkan Allah untuk menunjang tujuan - tujuan mulia. dengan cinta inilah keberlangsungan manusia di dunia dari mencintai hal-hal yang dilarangnya.

- Kedua, Cinta yang dilarang oleh Allah. Yaitu cinta seorang laki-laki terhadap wanita yang bukan mahramnya dengan tidak mengindahkan larangan-larangannya

- Ketiga, Cinta yang diperbolehkan (mubah). Yaitu cinta seorang pria yang tiba-tiba datang karena ia melihat wanita lain dihadapannya. Namun ia tidak sengaja menemui atau melihat wanita tadi dan cinta tersebut tidak membawanya pada perbuatan yang maksiat daan dosa karena semua itu terjadi diluar kehendaknya dan tanpa disengaja.

Nah, dari uraian di atas kamu sudah tahu kan apa itu cinta dan bagaimana bentuk-bentuknya? secara umum bisa dikatakan bahwa segala bentuk cinta, asalkan membawa pamiliknya pada kebahagiaan dunia dan akhirat, itulah cinta yang baik dan sesuai dengan fitrah kemanusiaannya, sebaliknya apabila cinta tersebut justru membawanya pada kesengsaraan dunia dan akhirat maka itulah cinta duka yang bertentangan dengan konsep utama cinta dalam islam.



Baca Yang ini Juga Ya....

1 komentar: