KONSUMSI IKAN MAMPU MELAWAN KANKER PROSTAT

CatatanKu - Omega-3 yang terkandung di dalamnya mampu meredam pertumbuhan sel kanker.

Makan ikan berminyak secara teratur dapat secara signifikan meningkatkan kesempatan Anda untuk bertahan terhadap kanker prostat.

Demikian hasil studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari Harvard, Amerika Serikat.

Temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology itu menemukan, bahwa pasien yang secara teratur mengonsumsi jumlah tertinggi minyak ikan omega-3 adalah antara 34 sampai 40 persen kurang mungkin untuk meninggal akibat penyakit tersebut.

Menurut penelitian yang dilakukan selama 20 tahun di Harvard School of Public Health di Boston itu risiko kanker prostat meningkat pada lelaki berusia di atas 50 tahun, terutama yang memiliki faktor genetik yang kuat. Para ilmuwan melacak 525 lelaki dengan usia rata-rata 70 tahun yang terdaftar dalam studi jangka panjang tahun 1989, setelah didiagnosa menderita kanker prostat. Mereka ditanyai kebiasaan diet (pola makan), termasuk konsumsi berbagai jenis lemak. 

Selama 20 tahun berikutnya, semua orang ditindaklanjuti untuk memantau tingkat ketahanan hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada Maret 2011, 222 dari mereka meninggal karena kanker prostat dan 268 dari penyebab lain. Ketika peneliti membandingkan penyebab kematian dengan kebiasaan makan mereka menemukan, bahwa lelaki yang secara teratur makan ikan dengan kandungan minyak tinggi, 34 hingga 40 persen kurang mungkin untuk meninggal akibat kanker prostat. 

Temuan tersebut menunjukkan, bahwa makanan tampaknya memiliki efek yang kuat pada tumor yang berada dalam tahap awal pengembangan. "Konsumsi ikan dapat memiliki efek perlindungan sederhana pada risiko kanker prostat dan perkembangannya, serta menurunkan mortalitas (kematian) penyakit tertentu," jelas para peneliti. 

Hasil ini menunjukkan, bahwa tumor tahap awal mungkin lebih responsif terhadap faktor makanan dan pola makan yang dapat memengaruhi prognosis setelah diagnosis kanker prostat tahap awal. 

Pada studi sebelumnya -- yang dilakukan oleh para peneliti di University of California -- juga menemukan, bahwa minyak ikan mengurangi jumlah pertumbuhan sel dalam jaringan kanker prostat. Selain itu juga berpotensi mengurangi kemungkinan penyakit tersebut menyebar ke bagian tubuh lainnya.

SEMOGA BERMANFAAT!



Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar