MANAJEMEN KEUANGAN YANG HARUS DIHINDARI

manajemen keuanganCatatanKu - Memang Tidak Mudah Mengatur Keuangan Pribadi maupun keuangan keluarga. Kita harus cermat dan hati hati dalam hal keuangan. Manajemen keuangan yang salah tidak akan hanya membawa kita pada masalah keuangan tapi biasa membawa kita kepada kebangkrutan. Untuk itu kita harus berhati hati dalam mengatur keuangan. 
Berikut kami sampaikan beberapa manajemen keuangan yang salah yang harus kita hindari: Meminjam uang Beberapa orang menganggap utang sebagai hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Padahal meminjam uang merupakan indikasi bahwa Anda salah dalam mengelola keuangan.

Tabungan

Jangan pernah menabung di akhir bulan dan menunggu sisa dari pengeluaran. Sebab Anda pasti sulit mengontrol dan akhirnya tidak mampu menabung. Sisihkan uang setelah gajian dan lekas tabung jika ingin mengatur finansial dengan baik.

Tagihan

Bagaimana dengan tagihan? Pastikan Anda membayar tepat waktu. Jika tidak, berbagai denda akan membuat pengeluaran Anda semakin besar dan tidak terkontrol.

Prioritas

Banyak orang mengabaikan prioritas pengeluaran. Misalnya sulit membedakan antara kebutuhan dan kemauan. Akibatnya, manajemen keuangan pun hancur berantakan.

Menulis

Hampir sama seperti pelajaran akuntansi, Anda sebaiknya menulis pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Kalau bukan Anda yang mengontrol keuangan sendiri, siapa lagi?

Kartu kredit

Apapun yang terjadi, sebisa mungkin hindari kebiasaan berbelanja dengan kartu kredit. Sebab Anda bisa kehilangan kontrol dan akhirnya belanja berlebihan tanpa rencana.

Uang tunai

Berkaitan dengan masalah sebelumnya, lebih baik tinggalkan kartu kredit dan selalu berbelanja dengan uang tunai. Dengan demikian, Anda juga tidak akan terbebani dengan tagihan yang lebih besar.
Rencana

Manajemen keuangan berikutnya yang sering diabaikan adalah menyiapkan rencana belanja setiap bulan. Hal ini padahal bertujuan untuk mencegah pembelian barang yang sebenarnya tidak diperlukan.
Itulah topik kita hari ini tentang manajemen keuangan. Semoga dengan dengan membaca manajemen keuangan yang salah di atas kita bisa terhindar dari masalah keuangan. Masalah keuangan memang bisa timbul kapan saja. Bila kita menerapkan manajemen keuangan yang baik tentu masalah masalah keuangan bisa di meminimalisir.

demikian semoga bermanfaat!


Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar