ASEM-ASEM TEMPE

CatatanKu - Tempe adalah salah satu makanan khas di Indonesia yang terbuat dari kedelai pilihan dan diolah menjadi makanan lezat dan nikmat untuk disajikan pada saat makan, selain unik kandungan tempe sangat bermanfaat untuk kesehatan, Secara umum, tempe mengandung berbagai senyawa aktif antara lain sejumlah lemak, berbagai mineral baik itu makro maupun mikro, protein nabati, serat pangan alami, karbohidrat, isoflavon, beragam vitamin mulai yang larut dalam air sampai yang larut dalam minyak dan masih banyak lagi lainnya.

Asam lemak pada tempe digolongkan ke dalam kelompok Polyunsaturated Fatty Acids atau PUFA. Asam jenis ini merupakan asam lematk tidak jenuh majemuk yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperoleh dari proses fermentasi tempe. Asam tersebut adalah oleat dan linolenat. Kedua asam ini bekerja efektif dalam menurunkan kolesterol serum dalam darah sehingga dampak negatif sterol bisa ditangkal.

Sementara itu kandungan gizi tempe juga diperkaya dengan vitamin B kompleks yang terdiri dari B12 atau sianokobalamin, B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B6 atau piridoksin dan lain-lain. Yang unik, kadnungan vitamin B12 tempe sangat tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh. Selain vitamin B kompleks, pada dasarnya tempe juga kaya akan vitamin A, D, E dan juga K. Selain vitamin dan asam lemak, tempe juga diperkaya dengan mineral antara lain kalsium, Fe atau zat besi, mangan, zink, fosfor, inositol, magnesium dan lain-lain. Hal lain yang penting dari tempe adalah keberadaan zat anti-oksidan yang populer disebut isoflavon. Zat ini sangat ajaib sebab mampu melawan pengaruh radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

 

ada berbagai olahan tempe yang begitu nikmat untuk di sajikan berikut resepnya ;

Bahan-Bahan :
Liter air
200  gram daging tetelan sapi
sendok makan minyak goreng
cm lengkuas. memarkan
lembar daun salam
buah cabai merah, belah dua membujur
buah cabal hijau, belah dua membujur
200  gram tempe. potong 2x2 cm
buah belimbing sayur, iris melintang 1 cm
sendok teh asam Jawa, remas-remas dengan 50 ml air, saring
ssendok makan daun bawang merah cincang
 
Bumbu  yang dihaluskan :
siung bawang putih
butir bawang merah
butir kemiri sangrai
lembar daun jeruk
112  sendok teh terasi goreng
sendok teh gula merah, sisir
sendok makan garam

Cara Mengolah :
 
- Didihkan air, rebus daging hingga empuk. Angkat, sisihkan kaldunya 500 ml.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, dan daun salam hingga harum.
- Masukkan cabai merah dan cabai hijau Aduk-aduk hingga layu.
- Masukkan tempe, daging tetelan, dan kaldu. Didihkan
- Tambahkan belimbing sayur, air asam Jawa, dan daun bawang merah.
- Masak hingga semua bahan matang. Angkat.
- Sajikan panas.


Baca Yang ini Juga Ya....

2 komentar: