ADA 5 MITOS PENUAAN, PERCAYALAH!

CatatanKu - Dunia sangat terobsesi dengan kemudaan. Lagipula, siapa yang ingin terlihat tua –apalagi jika Anda masih muda. Sayangnya, ada terlalu banyak ‘persoalan’ yang membuat urusan penuaan hadir sebelum waktunya. Beberapa hanya mitos, namun tak sedikit yang mengandung kebenaran.

Mitos 1: Produk rambut menyebabkan kebotakan. Sebagian besar orang berpikir bahwa urusan kebotakan biasanya berhubungan dengan masalah pertambahan usia. Tak sepenuhnya salah. Tapi, kebotakan bisa hadir lebih cepat karena penggunaan produk rambut secara berlebihan. Entah mana yang Anda gunakan, wax, gel atau mousse, dapat membuat rambut tersiksa dan akhirnya menyerah pada efek gravitasi. Rontok. Dan, kalau Anda teruskan, maka kepala Anda akan lebih licin daripada kakek Anda.  

Saran kami:  Gunakan produk rambut secukupnya saja. Bahkan, tak ada salahnya untuk sesekali membiarkan rambut Anda bernapas tanpa sentuhan produk-produk tersebut sama sekali.

Mitos 2: Tak perlu sunblock di musim hujan. Siapa bilang? Cuaca berawan yang sering menyelimuti musim hujan tak membuat permukaan bumi bebas dari serangan sinar ultraviolet. Itu artinya kulit Anda tetap berisiko terkena paparan sinar matahari. Meskipun tak sekuat saat musim panas, tetap saja sinar UV tersebut turut berperan dalam hadirnya keriput dan kerutan di kulit Anda.

Saran kami: Tetap gunakan sunblock. Anda bisa memilih yang kadar SPF-nya rendah hingga medium.

Mitos 3: Orang berkulit cerah lebih cepat tua. Hingga saat ini belum ada satupun penelitian yang benar-benar membuktikan hal ini. Namun, para ahli menemukan fakta bahwa semakin gelap kulit, maka makin besar perlindungan yang Anda dapat dari melanin terhadap kerusakan akibat sinar UV pada kulit. Melanin yang merupakan senyawa pigmentasi yang menentukan warna kulit seseorang turut bekerja sebagai pelindung sel-sel kulit. Dan, sialnya lagi, kerut dan keriput cenderung lebih mudah terlihat pada mereka yang memiliki kulit cerah.

Saran kami:  Berhubung Anda tak bisa mengubah seberapa banyak melanin yang Anda miliki, maka lebih baik lindungi diri. Gunakan sunblock dan perlindungan lain seperti topi dan baju yang tepat setiap kali Anda harus beraktivitas di bawah sinar matahari. Anda juga bisa memanfaatkan moisturizer dan krim anti-aging untuk memaksimalkan usaha Anda.

Mitos 4: Kulit kusam karena tak cuci muka. Saat tubuh mengalami penuaan, kulit  juga alami perubahan. Kusam, keriput dan penuh kerut. Ini dikarenakan kulit mengalami penurunan kelembapan dan elastisitas. Tapi, apa hubungan antara penuaan dan tak pernah cuci muka? Penjelasannya mudah saja. Sepanjang hari Anda telah beraktivitas. Tak perlu mengingat-ingat entah debu atau kotoran apa yang menempel di wajah. Belum lagi jika Anda berkeringat. Dan, kalau Anda tak mencucinya, semua kotoran tadi berisiko besar menyumbat pori-pori kulit. Ini bisa membuat jerawat, kulit kering, mudah teriritasi dan kusam.  

Saran kami:  Jangan malas! Cuci muka. Cukup dua kali sehari, pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sabun khusus pembersih muka. Seminggu sekali atau dua kali gunakan scrub untuk membersihkan kotoran yang mungkin terlewat sebelumnya.

Mitos 5: Makanan manis membuat tua. Tepatnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis akan membuat kulit  cepat tua. Ya, gula mengandung zat bernama glycation yang dapat merusak kolagen. Padahal kolagen bekerja untuk menjaga kekenyalan kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat berkeriput dan bergelambir.  

Saran kami:  Pilih makanan Anda dengan tepat. Tubuh Anda memang memerlukan gula. Tapi, sebaiknya konsumsi gula alami, seperti buah-buahan.

Menshealth.co.id

Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar