4 ALASAN TIDAK MELEWATKAN SIKAT GIGI MALAM

CatatanKu - Kapankah waktu paling baik untuk menyikat gigi paling baik untuk anak? Jawabnya adalah malam hari! Sudah tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa menyikat gigi pada malam hari sangatlah penting. Sampai-sampai jika dibandingkan dari beberapa waktu lainnya untuk menyikat gigi dalam sehari, maka sikat gigi pada malam harilah yang paling dianjurkan.

4 Alasan Kenapa Anak Jangan Sampai Melewatkan Sikat Gigi di Malam HariNamun bukan berarti kita jadi meninggalkan sikat gigi di waktu lainnya. Karena pada prinsipnya waktu menyikat gigi anak paling ideal adalah setiap setelah makan dan pada malam sebelum tidur.

Lebih jauh, berikut ini adalah 4 alasan utama kenapa kita harus mengajarkan anak untuk senantiasa menyikat gigi di malam hari, antara lain:

  1. Karena bakteri berkembang biak dua kali lebih banyak di malam hari
    Faktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan  air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda membiarkan sang buah hati melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak lebih cepat dan meningkatkan resiko terjadinya gigi berlubang.

  2. Karena kebiasaan menyikat gigi di waktu mandi sore
    Riset Kesehatan Dasar menunjukkan 90% lebih masyarakat Indonesia menyikat gigi di waktu mandi pagi dan sore. Orang tua merasa menyikat gigi ketika mandi sore sudah cukup sehingga anak pun mencontoh melewatkan sikat gigi di malam hari. Ada pendapat sikat gigi malam cukup dikompensasikan dengan berkumur, tentu saja gigi tidak akan bersih hanya dengan berkumur. Bagian sela-sela gigi sulit dibersihkan bahkan dengan menyikat gigi saja apalagi hanya dengan berkumur.

  3. Karena Anda dan sang buah hati terbiasa makan sebelum tidur
    Walau sangat tidak menyehatkan dan sangat tidak dianjurkan demi kesehatan, makan sebelum tidur memang sulit disangkal sangat enak sekali. Untuk itu, bagi Anda dan sang buah hati yang memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk mengurangi kebiasaan makan persis sebelum waktu tidur terlebih lagi makan makanan kecil yang manis dan mulailah rutin untuk menyikat gigi tepat sebelum tidur. Pastikan Anda dan sang buah hati tidur dalam keadaan gigi bersih.

  4. Karena anak menyikat dengan kurang bersih dan waktu yang kurang tepat di sore hari
    Dengan mengajarkan anak menyikat gigi di malam hari sebelum tidur, Anda menyempurnakan status kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut sang buah hati Anda. Lengkapi peralatan sikat giginya dengan sikat gigi yang berbulu lembut dan pasta gigi yang tepat. Bagi anak Anda dibawah 6 tahun disarankan memakai pasta gigi khusus anak, sedangkan bagi anak Anda yang sudah menginjak 6 tahun keatas dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung Zinc Citrate yang mampu melindungi dari bakteri serta microgranules yang dapat membersihkan sampai ke sela-sela gigi.. Pastikan seluruh permukaan gigi bersih, sikatlah selama minimal 2 menit dan gunakan teknik merah ke putih atau gusi ke gigi.

Menyikat gigi sebelum tidur juga dapat mengurangi risiko bau mulut pada saat bangun pagi. Mengingat pentingnya sikat gigi sebelum tidur maka lakukan kebiasaan ini mulai hari ini. klikdokter



Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar