GUA TERBESAR DI BUMI INI BISA MEMUAT GEDUNG 40 LANTAI

CatatanKu - Gua dengan kondisi alam menakjubkan ini bernama Soon Doong, berasal dari bahasa Vietnam yang berarti 'gua sungai pegunungan'. Gua ini terletak di provinsi Quang Binh, Vietnam, dekat dengan perbatasan antara Vietnam dan Laos. Gua ini terhitung baru menyandang status sebagai gua terbesar di dunia, menggantikan Gua Rusa yang sampai tahun 2008 masih menjadi gua terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Gua ini sebenarnya sudah lama ditemukan, hanya saja eksplorasi secara menyeluruh baru dilakukan pada tahun 2009. Penemunya adalah penduduk lokal bernama Ho Khanh pada tahun 1991. Saat itu tak ada tindak lanjut dari pemerintah setempat untuk melakukan penelitian lebih jauh terhadap area gua.

Tahun 2009, gua yang ditemukan secara tidak sengaja ini kemudian menjadi objek observasi sekelompok peneliti gua dari Inggris yang dipimpin oleh Howard Limbert. Dari observasi itu ditemukan hasil kalau gua Soon Doong merupakan tipe gua kapur yang terbentuk sekitar 2 juta hingga 5 juta tahun yang lalu. Air sungai yang melalui formasi batu kapur di daerah itu perlahan-lahan mengikis kapur yang rentan erosi di bawah gunung mana batu kapur yang lemah. Seiring berjalannya waktu, pengikisan itu menyebabkan langit-langit kapur runtuh dan terciptalah gua raksasa.

rt

Photo by Viralnova

Gua ini memiliki kondisi alam yang unik. Dengan ukuran panjang mencapai 5 kilometer, tinggi 200 meter, dan lebar 150 meter gua ini bahkan bisa memuat sebuah gedung pencakar langit dengan 40 lantai di dalamnya. Pemandangan di dalam gua sangat indah, sebab di dalamnya tersembunyi hutan lebat yang senantiasa diliputi kabut tipis dan kolam jernih dengan air berwarna kehijauan. Berkat aliran air sungai yang mencapai area gua, tanah di gua tersebut menjadi sangat subur, sehingga ditumbuhi tanaman lebat. Jika dilihat sekilas tampak seperti surga alam tersembunyi yang biasa ditemui di film-film fiksi ilmiah.

ret4r

te

Photo by Viralnova

Selain itu di Gua Soon Doong ditemukan banyak sekali mutiara gua. Menurut Wikipedia, mutiara gua adalah batu-batu kecil berbentuk bulat yang biasa ditemukan di gua-gua kapur. Mutiara ini terbentuk dari garam kalsium yang menggumpal dan mengalami pengikisan hingga membentuk batu-batu bulat berwarna cokelat.

y5rty

Photo by Viralnova

Saat ini Gua Soon Doong masih jarang didatangi penjelajah maupun wisatawan, meskipun kemegahannya telah tersebar di dunia maya. Hal ini dikarenakan kondisi infrastruktur area sekitar gua yang masih belum memadai.



Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar