TENTANG RAMBUT RONTOK

CatatanKu - Biasanya, proses kerontokan rambut mulai terjadi di usia akhir 20-an hingga awal 30-an. Tapi, tidak semua pria menyadari mengalami kerontokan rambut pada fase awal. Banyak yang seringkali baru menyadarinya saat kulit kepala sudah terlihat ‘jelas’. Inilah yang harus Anda lakukan:

  • Jangan panik. Jangan langsung menudingnya sebagai masalah. Karena, sebenarnya rambut rontok itu adalah hal yang normal –asalkan jumlah rambut yang rontok tak lebih dari 100 helai per hari. Jika sudah lebih, segera cari solusinya. Anda boleh mempercayakannya ke tangan para para profesional atau melakukannya sendiri. Kalau Anda memilih yang terakhir, pastikan Anda mencari informasi dari sumber yang dapat dipercaya.

  • Perlahan saja. Percayalah, tak ada gunanya Anda menggosok keras-keras rambut Anda dengan handuk kering sehabis keramas. Bukannya rambut jadi kering dengan baik, tapi justru akan membuat rambut makin rontok. Belom lagi risiko rambut patah. Untuk mengeringkannya, gunakan handuk lembut dan tepuk-tepuk saja rambut secara perlahan.

  • Jangan gunakan sikat rambut. Rambut Anda masih memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap kepatahan, seperti halnya saat rambut masih basah. Jadi,  menatanya dengan menggunakan sikat rambut bukanlah ide cemerlang. Sisir terbaik bagi pria adalah jari tangan.

  • Pendek lebih baik. Sudah waktunya mengucapkan selamat tinggal kepada rambut gondrong Anda. Beratnya beban yang ditanggung rambut akan memperbesar peluangnya untuk ‘melepaskan diri’. Gunakan awal tahun sebagai momen yang tepat untuk memiliki penampilan baru.

  • Produk tepat. Pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan produk perawatan rambut rontok hanya jika Anda benar-benar mengalami kerontokan. Anda juga mungkin akan membutuhkan lebih dari sekadar shampoo dan conditioner. Serum rambut akan membantu merangsang pertumbuhan rambut baru. Tapi, jika tingkat kerontokan rambut masih dalam batas normal, Anda bisa memilih jenis shampoo dan conditioner untuk rambut normal, berminyak, atau kering.

  • Tak perlu berlebihan. Anda boleh saja menggunakan gel, foam, wax atau produk-produk tata rambut lain. Tapi, menggunakannya terus-menerus dalam jumlah banyak akan membuat rambut Anda stres. Sesekali, biarkan rambut Anda menghirup udara segar, bung. Kalau Anda tak percaya diri jika tidak menggunakan produk-produk itu, lakukan saat Anda sedang bersantai di rumah atau sedang libur.



Baca Yang ini Juga Ya....

0 komentar:

Posting Komentar